PEMALANG - PNPM Mandiri Pedesaan dalam programnya membangun banyak sarana dan prasarana di pedesaan yang manfaatnya banyak diperlukan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, diantaranya pembangunan pasar desa, jembatan, jalan, saluran air/talud, gedung pendidikan dan sebagainya yang terkait dengan kebutuhan dalam kehidupan bermasyarakat di pedesaan. Hasil pembangunan PNPM Mandiri Pedesaan diresmikan oleh Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM.

Peresmian PNPM Mandiri Pedesaan dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut dan pada Jum’atkemarin (13/1),  di Desa Gongseng Kecamatan Randudongkal merupakan hari ketiga, telah diresmikan Jembatan Gelagar Besi yang menghubungkan antara desa Gongseng Kecamatan Randudongkat Kabupaten Pemalang dengan Desa Cipero Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.

Sebelum menyampaikan sambutan, Bupati telah memotong pita menandai dibukanya fungsi jembatan sebagai jalur perekonomian Desa Gongseng dan Cipero. Menurut Bupati, fungsi dan manfaat jembatan tersebut sebagai jalur perekonomian dan keluar masuk perdagangan sehingga memperlancar serta dapat meningkatkan perekonomian rakyat. Bupati meminta kepada warga masyarakat Gonseng dan sekitarnya untuk menjaga keutuhan jembatan Gelagar Besi tersebut agar tetap bermanfaat untuk keperluan masyarakat.

Bupati juga meminta kepada masyarakat dan para pengendara roda yang akan melewati jembatan Gelagar Besi, untuk membatasi tonase/muatan yang di angkut agar jembatan tidak cepat rusak. Karena kerusakan jembatan sama artinya dengan rusaknya jalur ekonomi masyarakat sekitarnya.

Usai sambutan dilanjutkan penanda tanganan prasasti di balai desa Gongseng untuk menandai telah dibukaya jembatan tersebut sebagai jalur penghubung dan perekonomian masyarakat Gongseng dan sekitarnya. Dilanjukan dengan peninjauan USB SMP Negeri 6 Bantarbolang dan gedung Paud. *kontributorHumasPemalang