Kamis, 31 Mei 2012


TMMD Dibuka di Desa Kejene

Ditulis oleh Radar Tegal               
Wednesday, 23 May 2012

RANDUDONGKAL -  Rabu (23/5) kemarin, Dandim 0711 Pemalang membuka kegiatan TMMD Reguler TA 2012 Sengkuyung di Desa Kejene, Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Dalam upacara pembukaan TMMD Danrem 071 hadir sebagai komandan upacara. Hadir pula Bupati Pemalang H Junaedi SH MM didampingi Wakil Bupati M Agung W ST dan jajaran SKPD. “TMMD dilakukan di Desa Gongseng Kecamatan Randudongkal melaksanakan kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa regular tahun anggaran 2012, berdasarkan Surat Perintah Danrem 071 Wijaya Kusuma/WK Nomer STR /78/2012 Tanggal 27 April 2012,  tentang melaksanakan operasi TMMD reguler ke 88 di wilayah Kodim 0711 Pemalang dan Kodim 0712 Tegal serta sengkuyung yang tidak mendapat TMMD Reguler TA 2012,” demikian sambutan Komandan Kodim 0711 Pemalang Letnan Kolonel Arhanut Rohim Setiawan RW saat membacakan laporan kegiatan TMMD dihadapan Danrem 071 Wijaya Kusuma Kolonel Inf Cecep R Mujono M.Sc selaku Komandan Upacara dan para tamu undang  di lapangan Desa Kejene Kecamatan Randudongkal.

 Ia menyampaikan, kegiatan ini akan di laksanakan kurang lebih 21 hari dengan sarana pekerjaan antara lain pengaspalan jalan sepanjang 1200 meter lebar 3 meter serta membuat jembatan dengan plat beton satu lokasi, pembuatan gorong – gorong 2 lokasi sebagai sarana tambahan melakukan perbaikan jalan sepanjang 600 meter lebar 3 meter.

 Kegiatan non fisik diantaranya penyuluhan PPBN, Program bakti TNI KB dan kesehatan , penyuluhan hukum, penyuluhan kamtibmas dan bahaya narkoba, wajar dikdas 9 tahun, penyuluhan peningkatan dan pengembangan jaringan kerja sama koperasi , kegiatan penghijauan, pertanian, perkebunan, dan pembangunan berwawasan lingkungan. Penyuluhan tenaga kerja, kependudukan , perizinan dan pajak daerah. Dialog interaltif TMMD Reguler TA 2012, donor darah, penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, penyuluhan layanan mobil larasita dan partisipasi massa , dan kegiatan ahkir diadakan pemutaran Flm di malam terakhir.

 Danrem 071 Wijaya Kusuma Kolonel Inf Cecep R Mujono M.Sc mengutarakan, berharap dengan pembukaan TMMD ke 88 yang akan dikerjakan 21 hari nanti bisa berhasil berdaya guna baik peningkatkan dan perbaikan kehidupan sosial di lingkungan masyarakat. “Sebagai mana kita ketahui bahwa program TMMD ini merupakan Program kerja sama lintas sektoral antara TNI, POIN , kementrian/lembaga pemerintah dan pemerintah non kementerian Daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan daerah," sambungnya.

 Sedangkan proses perencanaan TMMD selalu di awali dengan melibatkan berbagai Intansi dan masyarakat serta serta disusun melalui sistem Bottom up planning, sehingga dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah masing–masing. Program ini telah di bahas sebelumnya pada rapat koordinator teknis TMMD di kementerian pertanian RI pada bulan lalu yang melibatkan seluruh staf penanggungjawab operasional TMMD dan ketua tim Asisten kementerian dan lembaga pemerintah dan non pemerintah kementrian serta pemerintah daerah kab/kota untuk penyelenggara program TMMD.

 Untuk itu dengan adanya program TMMD ke 88 hendaknya dapat tercapai secara optimal sehingga dapat membantu tugas pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan daerah. Maka pembangunan Instruktur sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah dapat terpenuhi dengan harapan mampu meningkatkan roda ekonomi daerah. “Melalui program TNI manunggal membangun Desa, kita tingkatkan Sinergitas kegiatan dan kerja sama antara TNI , Polri, lembaga , kementerian, lembaga pemerintah non kementerian pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat untuk mewujudkan percepatan pembangunan pedesaan menuju masyarakat damai dan sejahtra,” ujarnya. (nur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar